PENOMORAN HALAMAN

PENOMORAN HALAMAN PADA MAKALAH.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut
  1. Ketik dokumen atau pilih dokumen di file yang akan diberikan halaman.  
  2. Langkah pertama, pada bagian cover letakkan kursor di akhir kalimat lalu klik “Insert” pada Tool Bar lalu pilih “Page Number” kemudian “Bottom of Page” pilih penomoran yang letaknya dibagian tengah (center).
  3. Setelah langkah pertama dilakukan maka akan muncul Design, maka anda harus memilih “Different first Page” agar halaman pada bagian cover hilang. Seperti yang diperlihatkan dibawah ini
  4. Langkah selanjutnya yaitu pada kalimat terakhir hal 1 (Cover) klik “Page Layout” pilih “Break” kemudian “Next Page”
  5. Lalu di halaman 1 (setelah cover) berikan kembali penomoran dengan cara “Insert”, “Page Number”, “Format” kemudian pilih angka romawi pada “Number Format” dan “Start at i”



  6. Pada lembar ii romawi (atau sesuaikan dengan makalah anda) lakukan kembali seperti langkah nomer 3, yaitu klik “Page Layout”, “Breaks” kemudian “Next Page”.
  7. Pada BAB I  pembahasan, ubah penomoran yang semula romawi menjadi angka. Klik “Insert”, “Page Number” lalu “Format Page Numer” pada “Format Number” pilih angka dan “Start at 1” 
  8. Selajutnya letakkan kursor di bagian akhir kalimat dihalaman 1, kemudian klik “Page Layout”, “Breaks” lalu pilih “Next Page”.
  9. Pada hal 2 BAB I PEMBAHASAN, lakukan penomoran kembali. Klik “insert”, “Page Number”, “Bottom of Page” kemudian pilih penomoran yang letaknya berada di bagian bawah samping kanan.
  10. Maka hal yang sebelumnya ditengah akan beda dengan BAB I halaman 1 awal, yaitu dipinggir. 
  11. Pada halaman terakhir BAB I/II (sesuai makalah anda) lakukan kembali “Breaks”, “Next Page” agar penomoran dihalaman selanjutnya berada di bagian tengah halaman. 
  12. Selanjutnya lakukan kembali penomoran halaman, anda harus memilih yang letak nomor halamannya berada di bagian tengah agar sama dengan bab-bab sebelumnya.
  13. Saat penomoran pada “Page Number Format”, “Page Numbering” pilih “Continue from previous section” untuk melanjutkan nomor pada halaman sebelumnya.
  14. Di lembar terakhir Bab III letakkan kursor di akhir kalimat Bab III lalu lakukan kembali “Breaks”, Next Page” untuk peletakkan nomor halaman di bagian pinggir kanan. Setelah itu, “Insert”, “Bottom of Page” pilih “Plain Number 3”, maka letak nomor akan pindah di pinggir halaman.
  15. Untuk melanjutkan nomor dari halaman sebelumnya pilih “Insert”, “Format page Numbers” lalu pada “Page Numbering” pilih “Continue from previous section”.
    Semoga bermanfaat! :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MEMBUAT BODY NOTE DAN DAFTAR PUSTAKA PADA MS. WORD

PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER